GuidePedia

2
SEOCIPS kali ini akan membahas mengenai Cara mengatasi Duplikat meta deskripsicara mengatasi duplikasi deskripsi meta dan Tag judul duplikat. Beberapa waktu yang lalu Seocips.com menyempatkan waktu untuk memeriksa kesehatan website di Google webmaster tools dan apa yang kami temukan di sana, ternyata website kami sedang tidak sehat karna terjadi duplikat meta description dan juga duplikat title tag.

Salah satu hal yang paling mengagetkan waktu kami mengeceknya di Webmaster tool bukan hanya satu atau dua duplikat meta deskripsi tapi sampai enam duplikat dan satu tag judul duplikat. Ini juga bisa di sebapkan karna susunan template dan Meta tag yang tidak sempurna di template blog. Kasus ini memang biasa dialami blog berplatform Blogger karena template blogger memiliki aturan-aturan umum tertentu yg berlaku bagi semua halaman.



Cara mengatasi Duplikasi deskripsi meta dan Tag judul Duplikat

Cara mengatasi Duplikat meta deskripsi dan Tag judul Duplikat

Untuk memeriksanya silahkan ada masuk ke Webmsater tools>>Tampilan penelusuran>> penyempurnaan Html kemudian anda lihat masalah apakah yang ada di Html blog anda, apakah terjadi duplikat meta deskripsi atau tidak. Hal ini memang tidak dapat di biarkan bagitu saja karena nantinya akan sangat berpengaruh akan kesehatan website anda mulai dari page rank sampai posisi artikel anda di penelusuran Google.

Mengatasi Error Duplicate Meta Tags 1

Duplikat meta deskripsi juga terjadi karna halaman blog anda di index dari mobilephone. Alternatif paling bagus adalah memasang robot.txt seperti di bawah ini. tapi anda harus ingat, jika anda memasang robot seperti di bawah ini bisah saja artikel anda tidak akan terdeteksi jika diindex dari versi mobile atau penerunan rank diindex Google di mobilephone. ( Efeknya hanya beberapa saat nantinya juga normal kembali )
User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:
User-agent: Googlebot
Disallow: /search
Disallow: /?m=1
Disallow: /?m=0
Disallow: /*?m=1
Disallow: /*?m=0
User-agent: *
Disallow: /search
Sitemap: http://urlbloganda.blogspot.com/feeds/posts/default?orderby=UPDATED
Yang belum saya tahu sampai sekarang adalah apakah pemasangan robot.txt seperti ini akan menambah url yang di cekal robot atau menguranginya ( di webmaster tools )?.. tapi menurut saya Url dicekalnya akan bertambah.. wkwkwwkwk.. tapi efek bagusnya kemungkinan terjadi duplikat deskripsinya berkurang. Anda harus tahu juga Blog yang mempunyai duplikat deskripsi tidak baik loh..

Mengatasi Error Duplicate Meta Tags 2

Cara kedua adalah dengan mencoba Settingan Tag robot khusus

Settingan untuk mengatasi Duplikasi deskripsi meta

Mengatasi Error Duplicate Meta Tags 4

Menurut saya jika anda telah memasang Tag robot khusus seperti dicara yang kedua pemasangan meta tag di cara yang ketiga tidak diperlukan lagi. Pemasangan ini akan mencegah Google mengindeks halaman arsip dari blog sehingga bisa mengurangi resiko duplikat konten di blog anda.
Cara ketiga adalah memasang meta tag seperti berikut ini di template blog anda :

<b:if cond='data.blog.pageType == &quot;archive&quot;'>
<meta content='noindex' name='robots'/>
</b:if>
<b:if cond='data.blog.searchLabel'>
<meta content='noindex, nofollow' name='robots'/>
</b:if>

Selanjutnya langkah berikutnya adalah hapus Url yang menjadi duplikat diblog anda. Pada langkah ini anda harus hati-hati jangan sampai yang anda hapus adalah url/ link asli postingan anda dan bukan link duplikatnya. Jika salah nantinya artikel anda tidak akan terindex lagi. lihat caranya di bawah ini.
  • Buka Google Webmaster Tools
  • Pada halaman Google Webmaster Tools pilih blog yang akan anda hapus URL duplikatnya
  • Saat dasbor terbuka pilih menu "Pengoptimalan" dan klik "penyempurnaan HTML"
  • Anda akan melihat pada bagian atas menampilkan "Duplikasi deskripsi meta", silahkan diklik....
  • Akan muncul deskripsi meta yang sering berulang, klik pada deskripsi meta tersebut
  • klik pada meta tag description yang ditampilkan dalam daftar
  • Akan ditampilkan URL yang menggunakan meta description yang duplikat, sekarang klik kanan pada setiap link untuk mengambil URL dari masing-masing dan copy URL duplikat meta description ke anda, kemudian agar mempemudah anda untuk menghapusnya di langkah berikut ini buka link di "New Tab". ( ingat link duplikat yang di copy bukan link asli misalnya di akhir link postingan anda ada kode ?m=0 atau ?m=1 dan lain sebagainya )
  • Sekarang kembali ke menu "pengoptimalan" dan pilih Hapus URL""

Penghapusan Url di websmaster

Meminimalsir Duplicate Meta Tags 4

Cara yang kelima adalah menempatkan kode berikut ini dibawah code </head> untuk meminimalisir terjadinya duplikat konten atau duplikat title tag diblog anda. Dengan memasang rel=canonical diblog, Google akan diberitahu bahwa anda hanya menginginkan versi halaman html biasa saja yang masuk dalam indeksnya sedangkan versi mobile diabaikan. Berikut kodenya:

<link expr:href='data:blog.url' rel='canonical'/>

Nah setelah diatas saya telah membagikancara-cara mengatasi duplikat meta tag dan duplikat konten atau tag judul duplikat. Semoga cara di atas bermanfaat dan nantinya mendapatkan hasil yang bagus di blog anda.

Sukses mengatasi duplikat meta deskripsi

NEW UPDATE !

Cara Mengatasi Duplicate Meta Description di Blogger


Contoh duplikat meta deskripsi di blog anda. Tekan ctrl+U atau "View Page Source" dan cek apakah ada duplikat meta deskripsi di template blog. Contoh duplikat deskripsi yang disebapkan oleh template yang anda gunakan:

mengatasi Duplikasi deskripsi

Ket gambar: Terdapat dua deskripsi blog yang sama persis jadi artinya disini ada dua meta deskripsi yang terdeteksi dalam satu halaman yang sama dan sama persis. ( jika anda mengisi deskripsi secara manual ini dapat dihindari, tapi sebaiknya untuk Blogger saat ini, anda menggunakan deskripsi otomatis di template blogger anda, deskripsi yang terdapat pada settingan Blogger [ bukan deskripsi yang diisi secara manual ditemplate blog ] anda ) jika meta tag anda terdapat deskripsi yang diisi secara manual sebaiknya anda ganti dengan contoh berikut ini;
<meta expr:content='data:blog.metaDescription' name='description'/>
Ket : letak meta deskripsi diatas jangan sampai salah, jika salah maka duplikat meta deskripsi akan terjadi diblog anda.. dan sungguh ini tidak baik jika terjadi duplikat deskripsi diblog anda..

How To Fix Duplicate Meta Description On Blogger

1. Go To Blogger Dashboard > Template
2. Please Backup your template in your computer drive.
3. Click Edit HTML and Search for the following code
<b:if cond='data:blog.metaDescription != &quot;&quot;'>
  <meta expr:content='data:blog.metaDescription' name='description'/>
</b:if>
4. Replace above with the below code. If you can’t found above code, then you may simply copy the below code and paste it just after opening <head> tag.
<b:if cond='data:blog.url != data:blog.homepageUrl'>
<b:if cond='data:blog.pageType != &quot;item&quot;'>
<b:if cond='data:blog.metaDescription != &quot;&quot;'>
  <meta expr:content='data:blog.metaDescription' name='description'/>
</b:if>
</b:if>
</b:if>
5.  Save your template and you are done!

Post a Comment

 
Top